Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Asuransi Kebakaran: Jenis-Jenis dan Syarat Klaimnya

Penamorf -Asuransi kebakaran adalah produk asuransi yang mampu memberikan perlindungan sekaligus kompensasi jika bangunan mengalami kerusakan akibat kebakaran. Asuransi ini terdiri dari beberapa macam jenis dengan layanan dan manfaat yang berbeda. Pemilik rumah atau bangunan jenis lainnya yang tertarik mengambil asuransi ini sebaiknya perhatikan ulasan berikut ini agar tahu jenis asuransi yang paling cocok untuk dipilih.

Mengenal Jenis-Jenis Asuransi Kebakaran 

Sebelum memutuskan mengambil asuransi kebakaran rumah ada baiknya untuk mempelajari jenis-jenis polis asuransi ini terlebih dahulu agar bisa memperoleh asuransi yang tepat sesuai kebutuhan. Berikut ini adalah beberapa contoh jenis polis asuransi yang umumnya disediakan perusahaan asuransi di Indonesia.

Adjustable Policy

Adjustable policy atau asuransi perhitungan kembali mempunyai nilai premi yang disesuaikan dengan rata-rata nilai deklarasi objek atau bangunan terkait. Jenis asuransi ini terbilang cukup fleksibel kalau dibandingkan jenis asuransi lainnya. Ada beberapa objek yang bisa masuk dalam pertanggungan asuransi ini, diantaranya adalah gudang umum, gudang pribadi, pasar dan lain sebagainya. 

Untuk yang ingin menggunakan asuransi ini harus membayar premi sementara sebanyak 75% terlebih dahulu. Sedangkan untuk premi yang sebenarnya akan dihitung kembali di saat akhir periode. Kalau ternyata hasil perhitungan, jumlahnya lebih rendah dibandingkan premi sementara yang sudah dibayarkan maka selisihnya akan dikembalikan. Tapi kalau jumlahnya lebih banyak maka pemegang polis harus membayar selisih tersebut.

Asuransi Standar

Perusahaan asuransi juga menyediakan asuransi kebakaran standar yang dapat melindungi pemilik bangunan dari risiko kebakaran dan juga kerusakan bangunan. Asuransi standar juga mempunyai kewajiban bertanggung jawab secara hukum atas kerusakan yang terjadi. Asuransi ini dibedakan menjadi dua macam yaitu asuransi industri dan non industri.

Asuransi industri bisa memberikan pertanggungan kerugian di dalam lingkup area industri apabila kebakaran terjadi. Sedangkan untuk asuransi dan industri tidak selalu mencangkup lingkungan industri tapi bisa menanggung kerugian harta bergerak maupun tidak bergerak karena kebakaran. 

Asuransi Penilaian 

Asuransi atau polis penilaian akan menanggung objek berdasarkan penilaian yang sudah disetujui pihak pemegang polis dan perusahaan asuransi. Penilaian yang dilakukan harus objektif dan kedua belah pihak harus menyetujui hal tersebut supaya asuransi ini bisa berlaku.

Nilai objek yang diasuransikan tergantung dari harga pasar yang sedang berlaku sehingga antar satu objek dengan lainnya bisa memiliki nilai yang berbeda. Kalau ternyata tidak ada kesepakatan antara kedua belah pihak maka asuransi ini tidak dapat berlaku. 

Asuransi Tanpa Penilaian 

Asuransi kebakaran tanpa penilaian tidak membutuhkan penilaian seperti asuransi penilaian. Nilai atau harga pertanggungan di asuransi ini ditentukan berdasarkan biaya pembangunan atau harga pembelian gedung. Biaya tersebut nantinya akan dikurangi nilai penyusutan objek secara wajar supaya asuransi ini dapat berlaku.

Nilai pertanggungan yang ada di asuransi ini sulit untuk diperkirakan dan hanya akan diketahui saat pemilik polis melakukan klaim atas asuransi ini. Kalau ada yang tertarik dengan asuransi ini maka perlu mempelajari ketentuan asuransi secara mendetail dan agar tidak dirugikan.

Syarat Klaim Asuransi Kebakaran

Pemilik rumah yang sudah memilih salah satu jenis asuransi yang ada di atas tadi wajib untuk mengetahui syarat apa saja yang harus dipenuhi apabila ingin melakukan klaim asuransi ini. Syarat yang harusnya dipenuhi diantaranya adalah surat tuntutan ganti rugi, formulir laporan kerugian dan surat keterangan risiko atau kejadian.

Selain itu, perlu juga melampirkan surat keterangan yang menyatakan kejadian kebakaran dari instansi bersangkutan dan juga quotation dari kontraktor yang menunjukkan biaya perbaikan. Semua syarat tersebut harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum pemegang polis mengajukan klaim asuransi kebakaran di kantor perusahaan asuransi.

FAQ

Apakah yang dimaksud dengan asuransi kebakaran?

Asuransi kebakaran yaitu produk asuransi yang dapat memberikan perlindungan dan juga kompensasi jika objek atau bangunan rusak karena kebakaran.

Apa saja jenis-jenis asuransi kebakaran?

Jenisnya adalah adjustable policy, asuransi standar asuransi penilaian dan tanpa penilaian.

Apa saja jenis asuransi kebakaran standar?

Asuransi standar terbagi menjadi dua jenis yaitu asuransi industri dan non industri.

Apa saja syarat klaim asuransi kebakaran?

Syaratnya adalah formulir laporan kerugian, surat tuntutan ganti rugi, surat keterangan kejadian dari instansi setempat dan quotation dari supplier atau kontraktor.